Makanan Khas Jambi Yang Wajib Dicoba Saat Ke Jambi

Apa makanan khas Jambi yang harus dimasukkan dalam daftar wisata kuliner.

Administrator

Jambi sekarang semakin menarik untuk dikunjungi karena pemerintah daerah terus mengembangkan tempat-tempat wisata. Provinsi yang berbatasan dengan Riau dan Sumatera Selatan memiliki berbagai atraksi alam dan sejarah yang menarik.

Ini tidak lengkap jika Anda bepergian tanpa mencicipi Spesialisasi Jambi.
Apa makanan khas Jambi yang harus dimasukkan dalam daftar wisata kuliner? Inilah daftarnya:

  1. Tempoyak
    Tempoyak adalah makanan khas Jambi yang populer untuk komunitas sekitarnya. Makanan ini berasal dari fermentasi buah durian. Biasanya tempoyak disajikan dengan nasi putih.

    Selain itu, tempoyak juga digunakan sebagai bumbu oleh Jambi. Ditambahkan ke saus cabai atau kari, itu akan membuat hidangan lebih lezat.
    Oleh karena itu, tempoyak adalah salah satu jenis makanan khas Jambi yang harus dicoba. Selain Jambi, Tempoak juga terkenal di Riau dan Sumatra Selatan.

  2. Daging Masak Itam
    Makanan khas Jambi yang ini adalah daging olahan sebagai lauk. Daging memasak Itam memiliki rasa manis dan gurih dan hitam tebal.

    Sekilas hindery ini mirip dengan semur, tetapi daging memasak saus lebih tebal dari semur.

    Daging diproses sampai rempah-rempah berendam dan tender tekstur. Itam memasak daging bisa menjadi pilihan wisata kuliner untuk penggemar daging.

  3. Gulai Tepek Ikan
    Kari keran ikan adalah makanan khas Jambi yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan rempah-rempah kari. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan gabus atau ikan mackerel.

    Mungkin Anda membayangkan tampilan makanan ini seperti kari ikan di Umnya, yang merupakan ikan yang secara langsung dimasak dengan rempah-rempah kari.

    Hidangan ini berbeda, sebelum dimasak dengan rempah-rempah kari, ikan pertama kali diproses dengan adonan tepung sagu dan bawang putih mirip dengan Pempek.

    Itulah yang disebut Tepek. Kemudian keran disiram dengan saus kari.

    Makanan ini memiliki rasa asam segar karena ada potongan nanas pada saus. Di Jambi, keran ikan kari termasuk makanan suci yang hanya disajikan pada acara khusus.

    Tapi sekarang sudah ada beberapa tempat makan di Jambi yang menjualnya pada hari-hari biasa.

  4. Nasi Gemuk
    Beras lemak adalah salah satu sarapan favorit bagi orang-orang Jambi. Nasi lemak ini mirip dengan Nasi Uduk Betawi, hidangan nasi putih berbumbu dilengkapi dengan lauk dan biasanya dimakan untuk menu sarapan.

    Meski serupa, beras lemak dan nasi uduk masih memiliki perbedaan dalam lauk pelengkapnya.

    Pelengkap untuk beras lemak adalah iris atau telur dadar rebus, Teri kacang goreng, vermicelli goreng, bawang goreng dan saus cabai merah.

    Nasi lemak Jambi sangat mudah ditemukan di pagi hari di pinggiran jalan di kota Jambi.

  5. Kerutup Ikan
    Makanan khas Jambi dominan menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah penutupan ikan. Penutupan ikan adalah ikan air tawar diproses seperti ikan mas, tilapia dan mas.

    Ikan diberikan rempah-rempah khusus kemudian digoreng dengan daun kunyit untuk memberikan aroma yang khas. Selain itu lezat di lidah, hidangan ini juga kaya akan nutrisi sehat untuk tubuh.

Spraya
Administrator

Aku adalah aku, kamu adalah kamu. kenyataanya demikian dan jangan difikirkan, sudahlah lupakan yang barusan.