Deprecated: Array and string offset access syntax with curly braces is deprecated in /home/u1019965/public_html/literasutra.com/application/third_party/google-login-api/service/apiUtils.php on line 58
Mengenal Lebih Jauh Pantai Papuma, Pantai Eksotis di Jawa Timur - Literasutra

Mengenal Lebih Jauh Pantai Papuma, Pantai Eksotis di Jawa Timur

Jika pantai lain umumnya tur Bay, Pantai Papuma justru sebaliknya adalah tur Tanjung.

Administrator

Nama Papuma bukan dari Jawa. Atau Bahasa Indonesia. Nama Papuma diambil dari akronim pasir putih dari Mirikan. Akronim ini kemudian dilampirkan, sehingga masyarakat umum dengan mudah menyebutnya sebagai papuma.

Pantai ini adalah salah satu tempat wisata menarik di Jember yang menawan. Pantai ini berbeda dari tempat wisata pantai lainnya. Jika pantai lain umumnya tur Bay, Pantai Papuma justru sebaliknya adalah tur Tanjung. Tabut papuma daratan ke laut. Ini membuat gelombang pantai ini besar dan ganas.

Fitur khas lainnya dari Pantai Papuma adalah 7 karang besar yang menara tinggi di depan pantai. Ukurannya cukup besar, jadi cukup untuk disebut pulau kecil. Setiap terumbu diberi nama oleh populasi lokal. Ada Pulau Krisna, Pulau Guru Batara, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, dan Kodok Pulau ke-6. Untuk alasan mistis, 1 batu dibiarkan secara tak terduga.

Sensasi luar biasa dapat dinikmati oleh pengunjung. Ketika ombak tidak besar, pengunjung dapat berdiri di atas batu karang merasakan angin. Tetapi kewaspadaan khusus diperlukan. Meskipun air pantai cukup tenang, tekstur koral kasar dapat menyebabkan lecet jika tidak hati-hati


Mitos Pantai Papuma

Ada mitos di antara komunitas lokal yang berkaitan dengan kekuatan Nyi Roro Kidul di sekitar pantai ini. Saat bepergian di pantai ini, wisatawan didorong untuk tidak mengenakan pakaian hijau.

  1. Mitos Gua Lawa
    Di salah satu batu di Pantai Papuma ada sebuah gua. Gua ini bernama Gua Lawala. Dalam bahasa Jawa, Lawa memiliki kelelawar. Gua ini hanya bisa dilihat ketika air telah surut.

    Cerita di komunitas lokal, di sinilah Dewi Sri Wulan berada. Salah satu putri pesisir selatan. Dewi Sri Wulan dikatakan sebagai Pantai Papuma.

  2. Mitos Raden Mursada
    Di luar pantai, Papuma memiliki batu datar yang terlihat seperti cangkang raksasa. Batu ini berbaris ke barat.

    Terletak di sebelah pantai Watu Ulo, batu dikatakan sebagai tempat Raden Mursada dan Marsudo memancing ikan ajaib yang ternyata menjadi manifestasi dari Raja Mina. Bayangan kedua dikatakan sering terlihat ketika di sekitar Magrip. Bayangan yang muncul adalah bayangan 2 pria yang memancing.

  3. Mitos Pulau Ular
    Keunikan Pantai Papuma adalah sekelompok karang yang berjajar. Menariknya, setiap batu memiliki nama mulai dari ubin, Dhampar Kencana ke Narada.

    Dari total tujuh, ada satu batu yang tidak memiliki nama. Menurut penduduk setempat, karang diduduki oleh ribuan ular berbisa. Hingga saat ini, tidak ada penghuni yang berani datang ke sana.


Lokasi Pantai Jember Papuma

Pantai Jember Papuma masih dalam seri dengan pantai selatan. Lokasi tepat di desa Lojejer, Distrik Wuluhan, Kabupaten Jember. Dari kota Jember, perjalanan ini memakan waktu sekitar 45 menit ..


Rute ke Pantai Papuma Malang

Rute dari kota Jember, mengambil arahan ke terminal Ambulu. Kemudian ambil jalan utama ke Pantai Papuma. Jika dari stasiun utama Jember, Pantai Papuma hanya berjarak 45 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Dianjurkan untuk menggunakan kendaraan umum seperti bus pariwisata yang disediakan oleh layanan wisata, penyewaan mobil, atau menggunakan transportasi umum lainnya karena jalur yang disahkan menuju Pantai Papuma dapat cukup rentan terhadap pendakian dan curam kemiringan 45 derajat.

Jam buka papuma.
Pantai ini terbuka untuk turis 24 jam sehari.

Tiket Pantai Papuma
Untuk menikmati keindahan Pantai Papuma, pengunjung hari yang biasa dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 7.000. Saat berlibur, pengunjung dikenakan tiket Rp. 15.000.

Untuk tarif parkir hanya Rp. 1000-, untuk dua roda, Rp. 6000-, untuk 4 roda.

Aktivitas menarik di Pantai Papuma

  1. Pantai yang nyaman
    Meskipun rute ke pantai melalui jalan yang curam dengan kemiringan 45 derajat, semuanya terbayar saat memasuki pantai. Pesona Panorama Pantai Papuma ditambah kondisi pantai yang sangat aman dan nyaman sepadan dengan usaha yang dibuat.

    Lokasi pantai dikelilingi oleh bukit dan agak cekung membuat rumah ini aman bagi pengunjung. Terlebih lagi yang membawa keluarga terutama anak-anak. Kemungkinan anak-anak berjalan terlalu jauh untuk menghilang dari pengawasan yang relatif kecil.

  2. Foto yang indah
    Papuma Beach pasir pasir putih yang luas. Air pantai yang jernih hampir tidak ada sampah di perairan ini. Dua kondisi langka disempurnakan lagi dengan keberadaan batu batu di wajah pantai yang menjulang seperti adegan dalam film.

    Semua kombinasi langka tetapi sempurna ini, seolah-olah diatur dengan sengaja oleh tangan raksasa. Diatur menjadi sangat indah dan indah seperti latar belakang foto. Batu karang goyang yang megah di depan pantai pada awalnya merupakan bagian dari bukit di sisi pantai. Tetapi melalui proses erosi dengan air dan angin sejak puluhan ribu tahun, bukit menjadi seperti pahatan yang indah sekarang.

    Dari pantai, karang yang menyerupai kuil yang berdiri di tengah laut. Itu sebabnya Pantai Papuma bisa dikatakan Instagramable.

  3. Mendaki Tebing Karang
    Untuk melihat keindahan Pantai Papuma secara keseluruhan, pengunjung dapat naik ke puncak Siti Hinggil yang terletak di atas bukit. Untuk naik, ada tangga melingkar di lingkar warna-warni seperti pelangi.

    Langkah-langkahnya seperti tak terbatas tetapi keindahan pantai papuma ajaib menghilangkan semua kelelahan. Dari di atas Siti Hinggil membentang Pantai Papuma dari ujung ke ujung.

    Dari atas Siti Hinggil, ada tujuh batu karang besar yang berdiri tegak seolah-olah mereka melayang di atas laut. Ada mitos yang mengatakan jika pembentukan ketujuh dari terumbu dapat mengubah posisi sebagai angin bertiup dan ombak.

    Itu asal dari nama Malican yang berarti berputar. Pulau-pulau itu bernama Kresna, Narada, Guru Batara, Nusa Barong, Kajang, dan Toad. Dua karang besar yang digunakan sebagai ikon Pantai Papuma adalah Kajang dan Narada yang seperti topi.

  4. Kafe, Resor dan Restoran
    Lokasi pantai cukup jauh dari pusat kota, tidak membuat fasilitas pantai Papuma tidak memiliki fasilitas. Pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas di tempat-tempat wisata berkelas. Turis yang mengunjungi Pantai Papuma dapat menikmati pesona pantai sambil makan istirahat makan di restoran tepi pantai dan kafe.

    Karena turis asing juga cukup banyak, ada juga resor, hotel, atau penginapan standar perjalanan lainnya.

  5. Camping
    Pantai Papuma terkenal dengan pasir putihnya yang halus. Ditambah dengan cuaca di udara pantai yang cukup hangat di malam hari dan cukup keren di siang hari. Kombinasi 2 Ini membuat pantai ini cocok untuk tempat berkemah keluarga.

    Selain itu, dari sisi keamanan di malam hari itu juga cukup terjaga. Mengingat di sekitar pantai adalah kegiatan yang cukup ramai. Ada beberapa lododons dan hotel yang berdiri di sekitar pantai, yang umumnya memiliki unit keamanan batin. Keberadaan fasilitas wisata juga membuat pantai ini tidak terlalu gelap dan kesepian di malam hari.

  6. Menyelam
    Pantai ini cocok untuk menjadi lokasi menyelam. Berbagai kondisi untuk lokasi selam dipenuhi dengan pantai ini. Beragam terumbu karang, air laut jernih, pasir putih, beragam spesies. Semuanya sepenuhnya mendukung kegiatan pariwisata bawah air.

    Satu lagi nilai tambah pantai ini. Airnya tenang. Itu membuat Pantai Papuma tempat favorit untuk kegiatan menyelam pemula.
  7. Pariwisata perahu tradisional
    Bagi Anda yang ingin menjelajahi Papuma Beach juga dapat menyewa perahu. Dikatakan agak jauh dari pantai ada sebuah pulau yang penuh misteri. Menurut kisah populasi sekitarnya, pulau ini sangat menawan. Sayangnya untuk mendekati pulau taruhan hidup sehingga ada jarang orang yang berani mendekat di sana.

    Perahu sewaan milik penduduk setempat yang disewa dengan pengunjung dengan perjanjian tarif. Satu perahu dapat menampung 4-8 orang. Pemilik kapal adalah penduduk lokal yang bekerja sebagai nelayan yang luar biasa, sehingga mereka tidak perlu khawatir meskipun mereka menggunakan perahu tradisional.


Objek wisata di dekat Pantai Papuma

Setelah puas menikmati pemandangan alam di Pantai Papuma, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Bay Love Beach. Pantai ini berjarak kurang dari 9 km. The Love Bay tepat di depan Pantai Payangan, dan dapat dilihat dengan indah dari bukit yang terletak di sebelah timur pantai. Dari bukit ini, teluk adalah teluk berbentuk hati yang menunjukkan cinta. Kami dapat parkir di bawah untuk naik bukit.

Jika Anda ingin mencoba tur pendidikan, pusat penelitian kopi dan kakao di Desa Nogosari dapat menjadi pilihan. Dari Pantai Papuma, pusat penelitian ini berjarak 30 km, sekitar 1 jam perjalanan. Kopi dan Cocoa Puslit ini adalah satu-satunya lembaga penelitian kopi dan kakao di Indonesia. Pusat penelitian ini telah ditetapkan sejak 1911.

Spraya
Administrator

Aku adalah aku, kamu adalah kamu. kenyataanya demikian dan jangan difikirkan, sudahlah lupakan yang barusan.