Tips Persiapan Liburan Yang Wajib Dilakukan Pada Masa Pandemi

Saat ini kondisi pandemi Covid-19, faktor kesehatan dan keamanan adalah salah satu aspek yang harus dipertimbangkan ketika menentukan tujuan wisata.

Administrator

Setelah terpengaruh pada hari-hari awal pandemi Covid-19, sektor pariwisata Indonesia sekarang perlahan naik lagi.

Berbagai destinasi wisata yang telah ditutup atau berhenti beroperasi sementara, satu per satu mulai dikunjungi oleh wisatawan lagi. Ini juga kabar baik bagi wisatawan yang telah merindukan ingin berlibur.

Namun, berlibur pada saat pandemi Covid-19 tidak lagi sama dengan selama liburan sebelum pandemi. Sebab, wisatawan harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru saat berlibur, seperti aplikasi protokol kesehatan.

Selain itu, persiapan liburan dalam periode pandemi juga harus dilakukan dengan lebih hati-hati dan hati-hati. Agar aman dan menyenangkan, Kami telah merangkum lima langkah persiapan yang dapat dilakukan sebelum pergi berlibur. Ini ulasannya.

Tentukan tujuan wisata yang aman
Jika Anda tidak memiliki rencana liburan tertentu, Anda dapat mulai dengan menentukan tujuan wisata yang ingin Anda kunjungi dengan mencari referensi ke situs perjalanan atau media sosial.

Misalnya, Anda dapat menggunakan tagar #diindonesiaaja saat melakukan penelitian untuk mendapatkan referensi ke tujuan wisata domestik. Anda juga dapat memeriksa tautan ini untuk mencari inspirasi untuk ide-ide wisata yang nyaman selama pandemi.

Namun, karena saat ini kondisi pandemi Covid-19, faktor kesehatan dan keamanan adalah salah satu aspek yang harus dipertimbangkan ketika menentukan tujuan wisata. Kami menyarankan Anda memilih tujuan di area zona hijau untuk mengurangi risiko transmisi Covid-19.

Selain itu, pilih tujuan wisata yang sudah memiliki kebersihan, Sehat, Keselamatan, dan Keberlanjutan (CHSE) Sertifikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sertifikasi CHSE menunjukkan bahwa layanan dan produk yang ditawarkan tujuan wisata aman dan telah memenuhi protokol kebersihan standar, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan.

Riset aturan dan protokol kesehatan yang diterapkan
Setelah tujuan yang dipilih aman, langkah selanjutnya adalah mempelajari aturan dan protokol kesehatan apa pun yang dilaksanakan oleh tujuan wisata. Mulai dari jam operasional, cara membeli tiket masuk, protokol kesehatan diterapkan, hingga dokumen yang harus disiapkan.

Penelitian ini penting karena dapat menjaga diri Anda dan orang lain dari ancaman transmisi penyakit. Selain itu, dapat ada perbedaan dalam aturan yang terkait dengan protokol kesehatan yang diterapkan antara satu tujuan dan tujuan lainnya.

Misalnya, turis di Bali yang tidak menggunakan topeng ketika kegiatan di luar rumah akan dikenakan denda Rp. 100.000. Kemudian, jika mengunjungi Borobudur Temple Wisatawan tidak diizinkan naik ke struktur kuil untuk mencegah penumpukan wisatawan.

Memesan tiket dan penginapan online
Untuk meminimalkan kontak langsung, hampir semua tujuan wisata menerapkan sistem pembelian tiket masuk online. Oleh karena itu, itu ide yang bagus semua tiket tujuan wisata yang akan dikunjungi telah diperintahkan sebelum berangkat untuk liburan.

Demikian pula, tiket transportasi dan penginapan selama liburan. Wisatawan disarankan untuk memesan secara online sebelum tanggal keberangkatan.

Dengan begitu, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk memilih tiket dan hotel dengan harga dan fasilitas terbaik. Itu tidak mengesampingkan kemungkinan Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo atau harga yang lebih murah.

Karena penyelenggara layanan pemesanan tiket biasanya memberikan promo yang menarik untuk periode tertentu. Misalnya, promo 11.11 diadakan setiap 11 November.

Anda dapat memanfaatkan promo untuk mendapatkan penawaran menarik. Tidak hanya tiket atau penginapan, Anda bisa mendapatkan promo paket wisata lengkap, seperti paket wisata Bali, Danau Toba, Likupang, Pulau Bintan, atau destinasi lainnya.

Selain itu, pemesanan online juga meminimalkan kerugian jika ada peristiwa tak terduga yang dapat membatalkan rencana liburan. Sebab, Anda masih punya waktu untuk mengirimkan proses penggantian jadwal keberangkatan atau pembatalan tiket.

Bawa pembersihan dan kesehatan pribadi
Setidaknya empat peralatan harus diambil saat berlibur pada saat pandemi.

Pertama adalah topeng bersama dengan cadangan. Meskipun sedang berlibur, wisatawan harus tetap didisiplinkan dalam menggunakan topeng. Jangan lupa untuk selalu mengganti maksimal maksimal empat jam. Oleh karena itu, membawa masker cadangan sejumlah besar untuk dengan mudah menggantinya kapan saja.

Kemudian, sabun cair dan pembersih tangan. Dua objek ini diperlukan untuk menjaga tangan selalu bersih selama aktivitas Anda.

Ketiga, semprotan disinfektan. Objek ini berfungsi untuk membunuh virus yang melekat pada hal-hal yang rentan terhadap sentuhan banyak orang. Misalnya, gagang pintu, meja makan di restoran, keranjang perbelanjaan, dan mesin ATM.

Keempat adalah peralatan makan, mandi, dan ibadah pribadi. Bawa sendok, garpu, botol minuman, sikat gigi, sabun, dan peralatan ibadah sendiri saat berlibur untuk mencegah transmisi virus. Lebih disukai, minum obat dan vitamin selama liburan.

Periksa kondisi tubuh sebelum berlibur
Sebelum pergi berlibur, pastikan tubuhnya sehat dan bugar. Penting bahwa liburan tetap menyenangkan dan dapat mempertahankan keamanan bersama di tujuan wisata tujuan.
Oleh karena itu, Anda dapat melakukan penilaian diri atau deteksi dini Covid-19 secara independen sebelum pergi. Anda dapat menggunakan aplikasi kesehatan yang menyediakan fitur khusus untuk pemeriksaan risiko Covid-19.

Jika dia sakit menjatuhkan hari keberangkatan, itu adalah ide bagus tentang rencana liburan untuk ditunda terlebih dahulu. Karena, orang-orang dengan kondisi tubuh yang buruk lebih berisiko dan rentan terhadap virus dan penyakit.

Itulah lima langkah persiapan yang dapat dilakukan ketika merencanakan liburan di periode pandemi Covid-19. Dengan menerapkan lima tips persiapan, diharapkan saat-saat liburan dalam periode pandemi dapat tetap aman dan menyenangkan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang berbagai tujuan wisata #diindonesiaaja dan protokol kesehatan diterapkan.

Spraya
Administrator

Aku adalah aku, kamu adalah kamu. kenyataanya demikian dan jangan difikirkan, sudahlah lupakan yang barusan.